Instal TV Tuner Gadmei UTV 330+ di Windows 7


Berawal dari keinginan untuk memaksimalkan penggunaan hardware komputer yang dimiliki, saya dan akbar mulai mencoba untuk menggunakan komputer rakitan sendiri yang di rakit tahun 2009. hasilnya adalah windows 7 berjalan dengan normal tanpa hambatan karena didukung oleh hardware dengan ram 2 gb dan prosessor dual core. uupss.. lega.. tapi baru tarik nafas muncul berbagai masalah yang bikin ribet.. yatu driver asseories yang sudah ada dan berjalan normal di XP ga mau jalan di windows 7

malam itu pukul 00:00 akbar mulai menginventarisir masalah yang muncul akibat tidak support pada Windows 7 satu persatu driver dapat di peroleh pada setiap vendor hardware matherboard, hardisk, bluetooth, modem dl.. pencarian itu sangat melelahkan dan baru selesei jam 10:00 siang.. capek dan ngantuk memburu saling bekejar-kejaran akhirnya kami tidur…

5 jam tidur kita bangun lagi mulai membuka hasil downloadan yang udah berhasil dan hasilnya setengah dari driver yang di dapat masih ga kompatibel dengan windows 7 uuuuff…  sambil becanda dan mulai berfikir untuk mengkanibal file driver modem, bluetooth dan souncard setelah uji coba 1 jam.. kanibal itu berhasil berjalan lancar di Windows 7.

mulai senang rasanya bisa menikmati Windows 7 di Komputer Jadul, tapi mendadak kita kesepian karena tidak ada tayangan tv di komputer yang biasa mnemani kita disaat santai dan bekerja sambil nonton di LCD monitor kompie ntu.. dan  kita mulai mencari driver UTV Gadmei 330 di situs aslinya, tapi apa daya situs itu pun tidak menyediakan update driver dan aplikasi untuk windows 7.

hampir 2 jam kita browsing untuk menemukan driver UTV tersebut, berkai-kali menemukan dan berkali-kali juga ga berjalan di windows 7. cape dan karena belom menemukan driver TV Gadmei 330+ kita akhirnya sepakat menguninstall windows 7 dan kembali menggunakan windows xp.. sambil gerutu akbar bilang “Windows 7 tampilan bagus keren dan cepet tapi sayang driver nya ga semua support”….

7 hari setelah menggunakan xp kembali fikiran ini di singgahi rasa penasaran masa hardware bagus masih gunakan xp dengan tampilan jadul dan kemampuan yang kurang bagus, .. (dibanding windows 7 yang terinstal di laptop dengan spek yang sama.. ternyata windows 7 lebih cepat dan canggih).. akhirnya kita lanjutkan rasa penasaran ini dengan membongkar windows xp yang baru terinstall 7 hari lalu.. kali ini instalasi lebih cepet karena udah sedikit ada pengalaman pada minggu lalu dan instalasi driver berjalan dengan normal bahkan proses kanibalisasi file driver pun terasa mudah.. dalam waktu 2 jam semua berjalan normal di Windows 7 tapi UTV 330+ tetep tidak berjalan normal..

2 jam kita istirahat dan mulai berfikir untuk mengkanibalkan file driver tv tuner tersebut dan hasilnya setelah 2 jam, berhasil dengan memuaskan bahkan hasil gambar tv yang uncul pada platform windows 7 lebih bagus dan bersih..

saya dan akabr sepakat untuk berbagi cerita dan file driver kanibal yang telah berhasil kita jalankan di windows 7, drivernya kita upload via hotfile.com.. dan Temen-temen yang punya sedikit masalah seperti diatas silahkan klik  disini   atau mendownload pada link ini http://hotfile.com/dl/124585997/854b2cd/GadmeiUTV_330Win7_86x.rar.html

Selamat mencoba

9 Komentar (+add yours?)

  1. areevstoone
    Agu 21, 2011 @ 04:27:15

    Nah ini yang kucari selama ini,, saya juga mengalami masalah yang sama persis mas. Saya pengen install windows7 tapi ga support dg tv tuner 330. Tak coba download dulu ya mas. Semoga berhasil tengkyu informasinya ….

    Balas

  2. andro
    Okt 23, 2011 @ 23:47:09

    saya udah nyari ginian setaun lebih ga ada yang berhasil, sampe mau saya jual nih tv tuner T_T
    dulu saya pake XP, pas ganti jadi Win7 pas semester 2 ga bisa nonton TV lagi mas, sedih banget..
    tadinya saya udah buka site resmi gadmei ternyata ga ada yg support. buka di Kas*us, Indo*ebster, sama blog2 -yg saya yakin mas juga udah pernah buka- tetep gagal. padahl katanya ada yang berhasil
    setiap inget mau nonton TV pasti browsing2 driver, praktekin cara yang didapet dan selalu gagal. akhirnya pagi ini saya nemu blog ini.

    saya udah baca pdf nya. udah diikutin semua langkah2nya. instalasi sih berhasil, tapi ada masalah nih mas..

    pas saya masuk ke program, kalo pake cara yang dulu2 pas ngeklik TV pasti ga keluar apa2 cuma tulisan ‘your device bla bla bla’ lah..
    habis ngkutin cara yang mas kasih pas ngeklik tv dia keluar tuh gambar semut (burem2) gitu.. saya udah seneng nih..
    akhirnya saya pilih CH List buat nyari program,
    1. tapi ga ada satupun saluran yang ketangkep chanelnya.(saya coba berulang2) padahal antena terpasang dengan baik.
    2. biasanya meskipun cuma muncul gambar semut, keluar suara kresek2 gitu. tapi ini ga ada suara sama sekali. sunyi senyap. (kabel tercolok dengan baik ke line in CPU)

    pertanyaannya dimana letak kesalahannya? saya udah ngikutin semua proses sama persis sama yang ditulis di pdf.
    emang sih, setelah direstart ga ada tulisan ‘software installed successfully’ di kanan bawah kaya gambar yang mas kasih.

    mohon bantuannya ya mas.. biar tv tuner saya ga mubazir.. saya tunggu balasannya..

    Terima kasih sebelumnya..

    btw nice blog mas :)

    Balas

    • Fauzulhaq
      Des 16, 2011 @ 10:29:21

      saya jawab secara berurutan berdasarkan kemungkinan-kemungkinan
      1. apakah driver VGA sudah terinstal dengan baik, jika sudah terinstal dengan baik kita melangkah kestep berikutnya, dan jika belum cari driver vga yang sesuai dengan windows 7 dan hardware vganya.
      2. install ulang driver dan program yang dilampirkan sesuai dengan petunjuk di pdf
      3. pastikan tv tuner dan kelengkapanya telah tersambung dengan baik
      4. coba nyalakan kembali tv tuner. dan pilih channel Indonesia

      selamat mencoba

      Balas

  3. mitos
    Mar 06, 2012 @ 17:42:52

    gan……kok linknya ga bs di buka…. ane butuh ne review infonya n drivernya…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

